Relawan Longsor Cisolok, Sholat Jumat di Tenda Darurat

Seluruh relawan satgas terpadu yang melakukan pencarian dan evakuasi jenazah korban longsor di Kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menunaikan salat Jumat bersama warga di tenda darurat milik BNPB. Sebuah terpal biru menjadi alas seluruh jamaah yang hadir.

Seperti diberitakan Detik.com, Terlihat anggota TNI, Polri, BPBD, Basarnas, PMI, relawan FPI, Banser, Baguna PDIP, DT, ACT, Dompet Dhuafa, Baznas, serta puluhan relawan bergabung di dalam tenda berukuran cukup besar tersebut. "Tadi siang kami melakukan salat Jumat bersama di tenda darurat yang berlokasi dekat dengan dapur umum. Lokasinya di area lapang sekitar 150 meter dari lokasi longsor," kata Danrem 061/Suryakencana Kolonel Inf M. Hasan  melalui sambungan telepon, Jumat (4/1/2019).

Usai salat Jumat, Hasan bersama anggotanya membagikan bantuan logistik dari para dermawan untuk 33 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak longsor. "Itu bentuk pertanggungjawaban kami terhadap amanat dari para donatur, dermawan hari ini sudah banyak sekali bantuan yang masuk kita distribusikan langsung kepada yang berhak," tuturnya.

"Ada beras, matras, minyak, selimut, handuk dan susu. Bantuan ini kita pilah dulu mana yang memang untuk warga yang terdampak dan mana juga untuk relawan misalkan pakaian dan banyak lagi," Hasan menambahkan.

Sebelumnya satgas terpadu juga memeriksa alat peringatan dini tanah longsor (early warning system/EWS). Alat pendeteksi dini itu terpasang di puncak longsoran.

"Kita cek khawatir oleh hewan dan sebagainya, tapi tadi kita lihat masih bisa berfungsi dengan baik. Kita takutkan bergeser," ucap Hasan.

Postingan Terkait

No comments:

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *